Dorong Penguatan Ekonomi Melalui Pemanfaatan Gas Bumi, Pemerintah Lanjutkan Pembangunan Cisem Tahap II Ruas Batang-Kandang Haur Timur

Berita


Bandung,
Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan melanjutkan pembangunan pipa Cirebon Semarang ke Tahap II ruas Batang - Kandang Haur Timur setelah pembangunan CISEM Tahap I rampung seluruhnya pada November 2023 lalu. Pembangunan CISEM Tahap II rencananya akan dimulai pada tahun 2024 ini dengan biaya sekitar Rp3,05 triliun. Pembangunan CISEM Tahap II tersebut dimulai dengan Penandatanganan Kontrak Pekerjaan Konsultan Manajemen Konstruksi Pembangunan CISEM Tahap II ruas Batang - Kandang Haur Timur senilai 64,9 miliar di Dejava Hotel Bandung, Selasa (3/4). Proyek ini merupakan penguatan ekonomi sektor industri dan lainnya seperti rumah tangga, komersil dan transportasi melalui pemanfaatan jaringan distribusi gas di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Penandatanganan dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (P2K) Proyek CISEM Tahap II Zainal Abidin dan Direktur Utama PT Amythas Erie Heryadi sebagai pemenang lelang. Menyaksikan penandatanganan ini, antara lain Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Laode Sulaeman, Koordinator Pengawasan Pembangunan Infrastruktur Migas Agung Kuswardono dan Koordinator Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Migas Erikson Alfredo Simanjuntak.
                                   

“Sebelumnya saya sampaikan selamat juga Pak Eri atas terpilihnya PT Amythas untuk bersama-sama kami nanti di dalam menuntaskan pekerjaan CISEM Tahap II ini. Kemarin pada saat mengerjakan CISEM Tahap I, alhamdulillah, walaupun ada beberapa kendala termasuk kendala yang dihadapi dari sisi Manajemen Konstruksi (MK) nya, tapi kita bisa mengejar dan bisa menyelesaikan dengan tepat waktu kami pun juga berharap dengan PT Amitas Pak Eri dan jajarannya bisa bersama-sama nanti kita ini begitu, kita bersama-sama membuat skenario-skenario untuk terobosan agar proyek CISEM Tahap II ini jangan sampai melewati target tahun 2025,” ungkap Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Laode Sulaeman.

Proyek CISEM merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan bagian dari rencana interkoneksi pipa transmisi antara jaringan pipa transmisi Sumatera, Jawa Bagian Barat dengan jaringan pipa transmisi Jawa Bagian Timur. Interkoneksi pipa ini memperkuat rantai suplai pasokan gas bumi dan dapat diakses masyarakat dengan harga terjangkau secara berkelanjutan, terutama untuk kebutuhan sektor industri eksisting di sepanjang jalur pipa dan kawasan-kawasan industri yang akan segera beroperasi di beberapa wilayah. Antara lain, Kawasan Industri Terpadu Batang dan Kawasan Ekonomi Khusus Kendal, serta kawasan industri lainnya yang sedang dalam proses perencanaan.

Proyek Pembangunan Pipa Gas Bumi Ruas Cirebon-Semarang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. Proyek CISEM Tahap II ini nanti akan dilaksanakan melalui Kontrak Tahun Jamak (multi-years contract) Tahun Anggaran 2024 hingga Tahun Anggaran 2026, dan menggunakan mekanisme Kontrak Rancang dan Bangun (Design and Build).

Anggaran pembangunan pipa CISEM Tahap II saat ini telah dimasukkan dalam APBN dengan skema multi years contract dengan periode proyek 2024-2026. Pipa CISEM Tahap II sepanjang 245 km atau 4 kali lipat dibandingkan CISEM Tahap I. Potensi demand pipa CISEM Tahap II ini, antara lain industri di Cirebon, Tegal, Pekalongan, Brebes dan Pemalang. Selain itu, konsumen komersial seperti hotel dan restoran serta jaringan gas rumah tangga, kilang minyak Balongan dan pembangkit tenaga listrik.

Direktur Utama PT Amythas Erie Heryadi juga mengungkapkan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemerintah c.q Ditjen Migas kepada PT Amythas untuk melaksanakan Pekerjaan Konsultan Manajemen Konstruksi Pembangunan CISEM Tahap II ruas Batang - Kandang Haur Timur.

“Tentunya kami setuju bahwa proyek ini tidak mudah, proyek ini cukup berat dengan waktu yang tersedia tadi hanya beda 2 bulan (dibanding dengan CISEM Tahap I) namun kilometernya 4 kali lipat dibandingkan dengan CISEM Tahap I, tentunya ini perlu kiat-kiat khusus dan ilmu-ilmu khusus untuk supaya bisa proyek selesai dengan lancar dan tepat waktu. Proyek ini buat kami juga cukup prestisius karena nilainya cukup besar dan kompleksitasnya tinggi, Insya Allah tentunya kami akan terus coba membantu Pak semaksimal mungkin dan Insya Allah PT Amitas berkomitmen untuk memenuhi segala rencana dan target yang sudah ada,” papar Erie.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Laode Sulaeman menambahkan, pelaksanaan proyek menggunakan skema pengadaan pekerjaan konstruksi terintegrasi Rancang dan Bangun (Design and Build) karena masuk dalam kriteria pekerjaan mendesak dan kompleks berdasarkan Peraturan LKPP Nomor 12 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah melalui Penyedia. Proyek CISEM Tahap II ini rencananya akan dilaksanakan selama 17 bulan.

“Kami berharap nanti di CISEM Tahap II ini, kita bisa lakukan akselerasi-akselerasi sehingga dapat diselesaikan sesuai dengan timeline yang ada, syukur-syukur bisa mengulangi prestasi di proyek CISEM Tahap I yang bisa selesai lebih cepat, memang tantangannya lebih besar karena kan kalau CISEM Tahap I kan cuma 60 km, sedangkan CISEM Tahap II ini 245 km jadi tantangan-tantangannya cukup besar, namun kita tetap berupaya menyelesaikan sesuai dengan target yang telah diberikan,” pungkas Laode.

Pemerintah mengharapkan penyelesaian konstruksi pipa CISEM Tahap II tepat waktu, dan tepat mutu, serta pada akhirnya dapat termanfaatkan untuk mengalirkan pasokan gas bumi ke konsumen dengan aman, handal dan berkelanjutan. (KDB)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.