Pengajuan Penghargaan Keselamatan Migas 2020 Dilakukan Secara Online

Jakarta, Kegiatan operasi minyak dan gas bumi dari hulu hingga hilir, tidak dapat dipisahkan dari faktor keselamatan. Dalam upaya meningkatkan keselamatan operasi migas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah menunjukkan kinerja keselamatan migas. Untuk tahun 2020, sama seperti tahun sebelumnya, proses kegiatan pengajuan penghargaan dilakukan secara online.

"Sudah menjadi kebutuhan dan kewajiban bagi semua pihak termasuk badan usaha dan KKKS,  untuk memenuhi ketentuan dalam keselamatan migas. Pemerintah memberikan apresiasi atas upaya-upaya yang dilakukan dalam menjamin keselamatan kegiatan usaha migas," kata Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Adhi Wibowo di Jakarta, Jumat (17/4).

Proses penyampaian data untuk Penghargaan Keselamatan Migas pada tahun 2020 oleh oleh badan usaha/bentuk usaha tetap, rencananya akan mulai dilaksanakan pada bulan Juni dan penyerahan penghargaan akan diumumkan pada Hari Pertambangan dan Energi.

Penghargaan Keselamatan Migas dilaksanakan berdasar pada Peraturan Menteri Pertambangan dan Energi Nomor 516.K/38/M.PE/89 tentang Pemberian Tanda Penghargaan dalam Bidang Keselamatan Kerja Pengusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi dan Pengusahaan Sumber Daya Panas Bumi.

Kategori Penghargaan Bidang Keselamatan Migas “PATRA NIRBHAYA KARYA” diberikan kepada badan usaha/bentuk usaha tetap dengan jenis usaha eksplorasi, eksploitasi, pengolahan, pengangkutan, penyimpanan dan niaga dengan tingkatan Utama, Madya dan Pratama yang berprestasi tanpa kehilangan jam kerja sebagai akibat kecelakaan dalam periode waktu tertentu serta memenuhi kriteria lainnya yang telah ditetapkan oleh Tim Penilai.

Selain itu, pada tahun 2019 Pemerintah juga memberikan Penghargaan “PATRA KARYA” kepada badan usaha/bentuk usaha tetap terkait penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dengan 3 Kategori yaitu Raksa Tama, Raksa Madya dan Raksa Pratama yang penilaiannya meliputi aspek leading indicator (60%) dan lagging indicator (40%). 

Penerima Penghargaan Keselamatan Migas untuk kegiatan hulu dan hilir pada tahun 2019 berjumlah 69 perusahaan untuk penghargaan “PATRA NIRBHAYA” dan 9 Perusahaan untuk penghargaan “PATRA KARYA”. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.