Pasokan BBM Tol Trans Jawa Aman

Surabaya, Pasokan BBM sepanjang jalur tol Trans Jawa dalam kondisi cukup, terutama menghadapi arus mudik dan arus balik pada masa Idul Fitri 1440 H. Sebanyak 112 titik layanan BBM disiapkan di sepanjang jalur tol, baik berupa SPBU regular maupun SPBU modular.

Hal ini terlihat dari peninjauan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Pemasaran Pertamina Mas’ud Khamid yang mengunjungi SPBU di jalur tol Surabaya-Semarang pada Sabtu (11/5).

Pemantauan  kesiapan pasokan BBM ini dilakukan Menteri ESDM di SPBU 575B Ngawi dan SPBU 519B Solo. "Berdasarkan pantauan, sejauh ini sudah maksimal. Kalau tadi dari Surabaya sampai ke Ngawi sekitar 160 km. Kurang lebih 100 km 1 SPBU itu cukup," jelas Jonan.

Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik di jalan tol yang telah banyak tersambung, Nicke Widyawati menjelaskan bahwa PT Pertamina sudah memprediksi hal ini.  "Kita sudah perhitungkan. Kita prediksi kenaikannya dari tahun lalu. Untuk itu kita menambah SPBU, baik yang permanen maupun yang sementara, akan lebih banyak dibanding waktu normal. Tadi Pak Menteri sudah sampaikan sekitar setiap 100 km kita siapkan SPBU," urai Nicke.

Pertamina menyiapkan setidaknya 112 titik layanan BBM di sepanjag jalur Tol Trans Jawa yang membentang dari Merak hingga Pasuruan. Titik layanan tersebut terdiri dari 44 SPBU, 25 Mobile Dipenser (Mobil Tangki yang dilengkapi flowmeter) dan 43 Kios Pertamina Siaga. Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motorist BBM (motor pengantar BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantong BBM.

"Walaupun kita prediksi tidak akan terjadi kemacetan di jalan tol, kita tetap akan siapkan motorist-motorist ini seperti tahun lalu," ucap Nicke. (TW)