Halalbihalal Virtual Ditjen Migas: Ingatkan Agar Pandai Bersyukur dan Tawakal

Jakarta, Tidaklah dua orang muslim yang bertemu lalu berjabat tangan, melainkan dosa keduanya sudah diampuni sebelum mereka berpisah.

Mengawali aktivitas kerja setelah libur Lebaran 2021, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi menggelar Halalbihalal secara virtual, Senin (17/5). Dalam kesempatan ini, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, serta meminta agar seluruh pegawai pandai bersyukur dan selalu tawakal.

"Marilah kita bersama mengintrospeksi diri dan selalu pandai bersyukur karena apa yang kita peroleh adalah hasil ketekunan dan jangan lupa semua itu ada di tangan Tuhan YME. Kita selalu berikhtiar, tapi juga harus bertawakal, mendasarkan diri bahwa segala sesuatu adalah takdir yang diberikan Allah," ucap Dirjen Migas Tutuka Ariadji.

Tutuka juga mengingatkan agar para pegawai selalu berdoa meminta perlindungan Tuhan YME, serta terhindar dari hal-hal yang tidak mampu menerimanya. Selain itu, tidak bersikap jumawa karena dapat menyebabkan seseorang 'terjatuh', bersikap hati-hati, sabar dan saling mengingatkan. "Kalau ada yang salah, kita membiarkan maka dia termasuk orang yang salah dan itu tidak benar," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Tutuka juga meminta agar para pegawai lebih tulus, ikhlas dan bersemangat dalam bekerja dan memelihara kerukunan. "Saya mengharapkan kita semua bisa bersama-sama melakukan tugas ini dengan sebaik-baiknya dan nikmati pekerjaan. Kalau ada yang terasa berat, sebaiknya kita bisa bicarakan karena tujuan kita bersama-sama adalah meringankan beban masing-masing," tambahnya.

Tutuka juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diterimanya selama menjabat sebagai Dirjen Migas. Dia juga mengharapkan agar kehadirannya bisa membantu semua pihak dan menjadikan Kementerian ESDM di masa depan dapat menjadi lebih baik. "Mohon maaf lahir batin kalau apa yang saya perbuat tidak berkenan di hati. Saya juga mengharapkan agar kita dapat berkomunikasi lebih baik lagi," tutupnya.

Mewakili para pegawai Ditjen Migas, Haryana dari Bagian Umum dan Kepegawaian, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri dan meminta maaf atas segala khilaf kepada pimpinan dan rekan kerja di lingkungan Ditjen Migas.

Haryana juga menyampaikan terima kasih atas perhatian, doa dan bantuan yang diberikan kepadanya ketika menderita sakit Covid-19 dan dirawat di rumah sakit. "Saya doakan semoga apa yang Bapak dan Ibu lakukan mendapat balasan yang berlipat ganda," katanya.

Halalbihalal merupakan tradisi yang hanya ada di Indonesia dan selalu melekat pada perayaan Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini biasanya berupa acara pertemuan atau perkumpulan yang digelar untuk bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan.

Halalbihalal Ditjen Migas dihadiri oleh para pejabat eselon II di lingkungan Ditjen Migas, ASN serta Non ASN. (TW)