Halal Bi Halal KESDM, Jonan: Bangun Bangsa Dengan Mengutamakan Persatuan

Jakarta, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menggelar Halal Bi Halal di Gedung Chairul Saleh, Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Rabu (11/6) pagi. Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Ibu Ratnawati Jonan serta Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dan Ibu Fauline Y Tahar serta para pejabat Eselon I di lingkungan Kementerian ESDM, bersalam-salaman dengan para pegawai serta stakeholder.

Tampak hadir pula dalam acara ini, mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, mantan Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo, mantan pejabat Eselon I di lingkungan Kementerian ESDM, pimpinan BUMN seperti Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati,  Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Djoko Abumanan serta badan usaha di sektor ESDM.

Momentum ini merupakan ajang silaturahmi serta saling memaafkan atas kesalahan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak  dan Ibu yang sudah hadir di sini. Kemarin saya diberi tahu Pak Wakil Menteri kalau di Amerika itu tidak ada acara halal bi halal. Tapi saya bilang, kalau di Indonesia (halal bi halal) ini merupakan tradisi budaya untuk untuk silaturahmi dan saling memaafkan.

Selanjutnya, Menteri Jonan mengharapkan agar sebagai anak bangsa, harus tetap saling menjaga persatuan serta membangun bangsa dengan tidak mengutamakan perbedaan.

“Ke depan, kita sebagai anak bangsa, bisa tetap saling menjaga persatuan, tetap bisa membangun bangsa ini tidak dengan mengutamakan perbedaan tetapi mengutamakan persatuan bangsa,” tambahnya.

Acara halal bi halal ini dimeriahkan juga dengan penampilan penyanyi Armand Maulana serta Migas Coustik yang anggotanya merupakan PNS di lingkungan Ditjen Migas.

Halal bi halal merupakan tradisi yang dilakukan oleh umat Islam Indonesia, setelah Hari Raya Idul Fitri dan bulan Ramadhan. Halal bi halal menjadi momen untuk memperbarui dan mempererat persaudaraan. Aktivitas yang begitu sibuk, sering mengharuskannya jauh dari keluarga maupun teman,  sangatlah membutuhkan suasana halal bi halal. (TW)