Anggaran Pemerintah Terbatas, Badan Usaha Didorong Bangun Jargas

Jakarta, Pemerintah menargetkan pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga (jargas)  mencapai 4 juta sambungan rumah (SR) hingga tahun 2024. Mengingat terbatasnya anggaran negara, badan usaha  baik milik negara maupun swasta didorong untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur tersebut.

“Kalau kita lihat APBN, pembangunan infrastruktur bukan hanya di subsektor migas saja. Pemerintah paling hanya bisa berkontribusi sekitar 15-20% (dari total biaya pembangunan jargas).  Selebihnya diharapkan dari badan usaha,” papar Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso di Gedung Ibnu Sutowo, pekan lalu.

Biaya pembangunan satu sambungan di daerah yang belum tersedia fasilitas, lanjut dia, sekitar Rp 11 juta. Namun untuk wilayah yang fasilitas telah tersedia, dana yang dibutuhkan sekitar Rp 7 juta. “Soal biaya ini tergantung daerahnya, juga tingkat kerapatan penduduknya karena biaya material itu yang utama,” tambah Ali.

Pemerintah berupaya agar biaya pembangunan jargas dapat lebih ditekan, sehingga badan usaha tertarik untuk berinvestasi. “Kalau biayanya di bawah Rp 7 juta, mungkin sebagian badan usaha bisa (investasi). Kita akan cek dulu karena selama ini biayanya yang kita dorong supaya lebih murah,” paparnya.

Studi  mengenai pembangunan jargas oleh badan usaha tengah dilakukan. Pemerintah mengharapkan dapat diperoleh kajian yang komprehensif, serta rekomendasi yang tepat.

Salah satu badan usaha yang telah menyatakan siap membangun jargas adalah PT PGN (Tbk). Konsep untuk kerja sama tersebut, masih dalam pembahasan. “Kita sedang cari konsep yang tepat seperti apa. Tim kami sedang membicarakannya dengan PT PGN,” jelas dia.

Pemerintah mengharapkan dukungan dari semua pihak, sehingga tujuan gas bumi digunakan sebagai modal pembangunan, penyediaan energi bersih dan murah untuk masyarakat serta peningkatan pemanfaatan sumber daya alam, dapat terwujud. “Kalau misinya menjadi pionir dalam pemanfaatan gas bumi, (kerja sama) bisa jalan. Tapi kalau semata-mata keekonomian, berat juga,” tandasnya.

Dengan menggunakan dana APBN, sejak tahun 2009 hingga 2019 atau satu dekade,  telah membangun jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga (jargas) sebanyak 400.269 SR. Untuk tahun 2020, rencananya akan dibangun 266.070 sambungan rumah (SR) di 49 lokasi pada tahun 2020. Jumlah ini berarti 3 kali lipat dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 74.496 SR di 16 kabupaten/kota. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.