Ditjen Migas Tandatangani Kerjasama Dengan UGM dan Trisakti


Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Dirjen Migas Luluk Sumiarso dengan Dekan Fakultas Teknik UGM Prof. Dr. Ir. Indarto, DEA dan Wakil Rektor IV Universitas Trisakti Ir. Nusirwan Sutan Assin. Turut hadir dalam acara ini, para pejabat eselon II di lingkungan Ditjen Migas serta para KPS.

 

Dalam sambutannya Dirjen Migas Luluk Sumiarso mengungkapkan, Ditjen Migas sebagai regulator di bidang industri migas, berusaha menjembatani tuntutan industri migas dengan penyedia tenaga ahli agar dapat saling bersinergi di bidang pengetahuan dan teknologi.

 

Sebelumnya, Ditjen Migas juga telah bekerjasama dengan 3 perguruan tinggi lainnya seperti ITB, Unpad dan UPN Veteran Yogyakarta. Ketiga perguruan tinggi tersebut telah membantu Ditjen Migas dalam hal joint study dengan calon investor di 33 wilayah kerja, dimana 24 wilayah kerja tersebut telah ditandatangani dan 9 lainnya dalam proses penandatanganan kontrak kerjasama.

 

Sampai saat ini, kata Luluk, sekitar 40 calon investor telah mengajukan joint study untuk 76 wilayah terbuka. Pengajuan ini sedang dikaji oleh Tim Penilai yang beranggotakan dari Ditjen Migas, BP Migas, Biro Hukum dan 3 perguruan tinggi.

 

“Melihat antusiasme calon investor yang mengajukan joint study, maka ke depan diharapkan pern keikutsertaan perguruan tinggi sangat penting dalam membantu pemerintah cq. Ditjen Migas menjawab tantangan dalam industri migas,” kata Luluk.

 

Luluk juga meminta perguruan tinggu tidak menjadi menara gading. Maksudnya, penelitian yang dilakukan perguruan tinggi tidak hanya digunakan untuk kepentingan sendiri, melainkan lebih luas lagi yaitu bangsa dan negara.

 

Pemerintah membuka kesempatan bagi perguruan tinggi jika ingin melakukan penelitian bidang migas. Dana milik pemerintah yaitu equipment bonus belum dimanfaatkan. Jika memang berminat, perguruan tinggi dipersilakan mengajukan proposal.

 

“Saya sudah bicarakan hal ini dengan Kepala BP Migas. Akan sangat bagus bila dana ini dapat digunakan kalangan universitas untuk melakukan penelitian migas,” katanya.

 

Atas kerjasama ini, wakil dari UGM dan Universitas Trisakti menyambut baik dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kalangan akademisi untuk terlibat dalam berbagai kegiatan migas.

 

“Teori akan semakin lengkap jika dipadukan dengan pengalaman praktisi di lapangan. Mudah-mudahan kerjasama ini tidak hanya di atas kertas saja, tetapi mampu mewujudkan usaha bersama meningkatkan produksi migas nasional,” kata Nusirwan.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.