ingin menanyakan tentang produk pelumas oli tiens

selamat pagi mohon bantuannya untuk memberikan :
1. klarifikasi apakah produk pelumas oli TIens sudah resmi atau tidak.
2. Apakah diperbolehkan produk pelumas oli tiens menggunakan label Halal dan label dari BPOM.
3. apakah dari kementerian energi dan sumber daya mineral sudah menguji lab produk pelumas oli merek tiens.



besar harapan saya untuk membalas pertanyaan saya agar saya mendapatkan penjelasan dari bapak / ibu.

Tanggapan

Terima kasih atas kunjungannya ke website migas. Sehubungan dengan pertanyaan Saudara Bambang mengenai produk pelumas oli tiens dapat kami sampaikan bahwa sebagai informasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral c.q. Ditjen Migas, hanya menerbitkan Pertimbangan tertulis pabrikasi pelumas untuk pembangunan pabrik pelumas dan penerbitan Nomor Pelumas Terdaftar (NPT) yaitu Nomor yang diberikan oleh Direktur Jenderal terhadap suatu nama dagang pelumas. Sehingga terkait pertanyaan bapak dapat kami jelaskan sebagai berikut :

1. Untuk mengetahui pelumas tersebut resmi atau tidak, diharapkan bapak menyampaikan secara detail nama produk pelumas oli tiens dan jenis peruntukannya, hal ini dikarenakan produsen atau distributor biasa menjual produk pelumas berbeda dengan nama perusahaannya. Sekedar informasi bahwa pelumas dikatakan resmi apabila telah memiliki Nomor Pelumas Terdaftar (NPT) dan/atau Standar Nasional Indonesia (SNI).

2. Terkait Label Halal dan Label BPOM pada produk pelumas, Kementerian ESDM c.q. Ditjen Migas tidak memiliki kewenangan, namun sekedar informasi, pelumas yang diperuntukan untuk kendaraan atau mesin biasanya tidak dilabel halal dan label BPOM, namun label Nomor Pelumas Terdaftar (NPT) dan/atau Standar Nasional Indonesia (SNI)

3. Pengujian dilakukan terhadap pelumas dilakukan sebagai salah satu syarat dalam pengajuan Nomor Pelumas Terdaftar (NPT) di Ditjen Migas.