PERTAMINI

Apakah pertamini di izinkan untuk menjual bahan bakar minyak?
Jika memang mereka diizinkan untuk menjual bahan bakar minyak, dimanakah para pemilik pertamini mengurus surat izin tersebut

Tanggapan

Terima kasih atas kunjungannya ke website migas. Sehubungan dengan pertanyaan Saudara Zuwandy tentang izin untuk Pertamini menjual bahan bakar minyak dapat kami sampaikan sebagai berikut :

1. Terkait dengan rencana penjualan BBM untuk skala kecil, terdapat beberapa skema yang diperbolehkan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Diantaranya penyalur dan sub penyalur.

2. Persyaratan menjadi agen/penyalur BBM tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM No. 13 Tahun 2018. Agar Saudara menghubungi pihak Pertamina/Badan Usaha Niaga untuk memenuhi persyaratan sebagai penyalur, kemudian Badan Usaha Niaga akan melaporkan penunjukan penyalur kepada Ditjen Migas. Daftar Badan Usaha Niaga Migas dapat Saudara cek di migas.esdm.go.id, tab informasi publik. Terdapat beberapa Badan Usaha Niaga yang telah memiliki penyalur skala kecil.

3. Sementara sub penyalur (biasanya disebut pangkalan) hanya diperbolehkan untuk menjual jenis BBM bersubsidi, dan tidak diperbolehkan menjual bensin jenis pertamax/pertalite, sebagaimana yang umumnya dijual oleh Pertamini saat ini.