Serah Terima dan Pembekalan LO Susmar Migas

Jakarta, Bertempat di Auditorium Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Rabu (8/11), Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Ego Syahrial menghadiri serah terima Liaison Officer (LO) Susmar Ditjen Migas periode 2015-2017 ke LO Susmar periode 2017-2019. Dalam kesempatan itu, Dirjen Migas menyerahkan piagam penghargaan kepada perwakilan LO Susmar periode 2015-2017 yaitu Letkol Laut (T) Arieffudin dan menyerahkan SK Dirjen Migas kepada perwakilan LO Susmar periode 2017-2019 yang diwakili oleh Letkol Laut (K) Andi Sugeng Rawuh.

Dalam sambutannya Dirjen Migas mengatakan, dalam rangka membantu Dirjen Migas dalam penyelesaian persoalan pengelolaan migas di lepas pantai, diperlukan tenaga ahli di bidang kemaritiman. Untuk itulah dibentuk staf khusus maritim Ditjen Migas atau Susmar Migas. Untuk melaksanakan tugas operasional di lapangan maupun di lautan, Dirjen Migas mengangkat 40 orang LO Susmar periode 2017-2019.

Ego mengatakan, hingga saat ini, subsektor migas merupakan sumber penerimaan negara kedua setelah pajak. Sebagian besar penerimaan migas tersebut, berasal dari kegiatan migas di lepas panjang. Di sisi lain, kegiatan operasi migas di lepas pantai banyak mengalami hambatan dan tantangan, baik dari eksternal maupun internal. Oleh karena itu, peranan LO Susmar Migas sangat penting untuk mengamankan kegiatan hulu migas.

“Pengoperasian (hulu migas) di lepas pantai banyak sekali hambatan dan tantangan yang kita hadapi, baik eksternal maupun internal. Untuk itu dalam pengamanan di lepas pantai, diperlukan peranan LO Susmar Migas,” katanya.

Dirjen Migas mengucapkan terima kasih karena LO Susmar Migas merupakan bagian penting dari keberhasilan mengawal tugas-tugas sektor hulu migas di lepas pantai. “Kami dari Kementerian ESDM mengucapkan terimakasih kepada TNI AL karena fungsi dan peran kami Ditjen migas untuk melaksanakan tupoksi kami dalam mengawal penerimaan negara, sangat tergantung keberhasilan kita terutama adalah peran Susmar Migas dalam mengawal tugas kami,” tambahnya.

Lebih lanjut Ego mengharapkan agar para LO Susmar Migas periode 207-2019 dapat mengikuti bimbingan pra tugas serta mempunya motivasi dalam melaksanakan kegiatan sub sektor migas untuk menunjang perekonomian negara. Sebelum melaksanakan tugas, LO Susmar Migas akan mendapatkan pembekalan terkait kegiatan hulu migas, termasuk peraturan perundang-undangan terkait. (DK)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.