Pekan Ini, Menteri ESDM Serahkan 15 Nama Calon Eselon I

Jakarta, Panitia seleksi calon pejabat eselon I di lingkungan Kementerian ESDM telah menyelesaikan tugasnya dan berhasil memilah 15 nama untuk diajukan kepada Presiden untuk dipilih dan ditetapkan. Pekan ini, ke 15 nama tersebut akan diajukan Menteri ESDM Sudirman Said kepada Presiden Joko Widodo.

“Sabtu malam (21/3), saya mendapatkan laporan dari Pansel bahwa terpilih 15 orang terbaik. Itu artinya tiga nama untuk setiap posisi. Pekan ini surat kepada Presiden untuk ditetapkan akan kami kirimkan. Sekarang sedang dipersiapkan suratnya,” ucap Sudirman dalam jumpa pers di Kementerian ESDM, Senin (23/3).

Proses seleksi yang dilakukan sejak Oktober 2014 ini, lanjutnya, merupakan milestone tahapan baru dalam penataan organisasi dan dapat menjadi role model bagi kementerian lainnya. “Semoga dalam satu-dua pekan, kita dapat memperoleh keputusan dari Bapak Presiden,” tambahnya.

Kriteria pejabat yang dicari untuk jabatan Dirjen Migas, Dirjen Minerba Pabum, Dirjen Kelistrikan, Dirjen EBTKE dan Sekjen DEN ini adalah berintegritas, memiliki leadership terutama manajerial, memiliki kemampuan atau potensi untuk mendorong transformasi atau perubahan dan kemampuan mengelola hubungan dengan stakeholder yang lebih luas. Selain itu, memiliki pemahaman mengenai substansi yang diurus yaitu aspek teknis dan kebijakan.

Sekjen ESDM M. Teguh Pamudji menambahkan, dari jumlah pelamar yang mencapai 110 orang, dilakukan proses administrasi dan berhasil diperoleh 31 orang. Dari jumlah tersebut, satu diantaranya mengundurkan diri dengan alasan tertentu. “Jadi 30 orang mulai pekan lalu dilakukan seleksi terbuka oleh Pansel yang terdiri dari saya sendiri, Deputi PAN, tiga orang stakeholder, satu orang dari perguruan tinggi dan satu orang dari profesional,” kata Teguh.

Dalam seleksi yang berlangsung sepekan tersebut, Pansel memberikan perlakuan yang sama yaitu meminta para calon untuk menyampaikan misi dan misinya, pengalaman dalam bekerja dan pencapaian yang signifikan ketika meniti karir. Tanya jawab juga dilakukan untuk melihat lebih jauh kompetensi kemampuan yang bersangkutan, terkait komunikasi internal dan eksternal.

“Setelah nanti Menteri ESDM menyampaikan ke Presiden, kita akan umumkan 15 nama tersebut,” ujar Teguh.

Sementara untuk para pejabat eselon II, seleksi terbuka akan dilakukan pada April mendatang. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.