Gunakan LPG Untuk Melaut, Nelayan Hemat 50 Persen

Tuban, Nelayan kecil di Tuban, Jawa Timur, sangat gembira memperoleh bantuan konverter kit dan 2 tabung LPG 3 kg dari Pemerintah, sebagai bagian dari diversifikasi energi dan peningkatan pemanfaatan bahan bakar gas. Dengan menggunakan LPG, para nelayan dapat berhemat 50%.

Mewakili Pemerintah Daerah Tuban dan para nelayan, Kepala Dinas  Perikanan dan Kelautan Tuban, Sunarto,  Jumat (23/9),  mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah dengan pemberian konverter kit kepada 330 nelayan  di daerahnya. Dikatakan, para nelayan telah melakukan uji coba menggunakan konverter kit dan LPG 3 kg  dan hasilnya, mereka mampu menghemat biaya bahan bakar  kurang lebih 50%. "Menekan cost-nya hampir 1 banding 2, bisa dibilang mereka menghemat kurang lebih 50% dalam pembelian bahan bakar saat  melaut," kata Sunarto.

Lebih lanjut Sunarto mengusulkan agar seluruh nelayan kecil di Tuban mendapatkan konverter kit ini.  "Saya mewakili teman-teman nelayan berharap agar semua nelayan yg ada di Tuban ini, yang kurang lebih sekitar 1000 nelayan kecil bisa mendapatkannya, " ujarnya.

Sesditjen Kementerian ESDM Susyanto yang hadir dalam penyerahan konverter kit kepada nelayan Tuban mengatakan,  untuk  ke depan, Pemerintah akan  secara masif membagikan konverter kit untuk nelayan di  seluruh Indonesia. "Tentu yang disampaikan Bapak Kepala Dinas akan menjadi evaluasi kita bersama. Nantinya giliran kembali ke Tuban, semoga tidak lama lagi. Kami akan programkan untuk yang lain, untuk nelayan kecil yang belum mendapatkan konverter kit di wilayah Tuban," tambah Susyanto.

Pembagian konverter kit untuk nelayan  di Tuban  berlangsung dari tanggal 16 hingga 26 September 2016. Paket yang terdiri dari konverter kit dan 2 tabung LPG  3 kg ini, diberikan kepada 330 nelayan yang memiliki perahu dengan kapasitas di bawah  5 GT. Nelayan penerima berasal dari  Kecamatan Palang, Tuban dan Jenu.

Selain  Tuban dan Cirebon,  tahun ini Pemerintah membagikan konverter kit kepada nelayan di daerah lain seperti Jakarta, Cilacap dan Sukabumi. Total konverter kit yang dibagikan adalah 5.473 unit. Sedangkan untuk tahun 2017, direncanakan akan dibagikan  konverter kit sebanyak 28.400 unit. (DK)

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.