Lebih Gampang Hemat BBM, Daripada Impor

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk  menghemat BBM, antara lain dengan menggunakan kendaraan pribadi secara bersama-sama atau menggunakan kendaraan umum. 

 

“Bisa dibayangkan berapa banyak BBM yang dihabiskan jika masing-masing anggota keluarga menggunakan mobil pribadi. Kalau bisa digunakan bersama-sama, kenapa harus sendiri-sendiri?” kata Dirjen Migas Departemen ESDM Luluk Sumiarso.

 

Mengenai kendaraan umum ini, menurut Luluk, adanya busway yang cepat dan nyaman berpendingin serta kereta api ekspres juga menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi.

 

Rumah tangga juga dapat ikut berperan dalam hemat BBM dengan menggunakan kompor yang efisien. Sedangkan industri dapat turut berhemat dengan menggunakan mesin-mesin yang hemat energi.

 

“Masih banyak industri yang menggunakan mesin tua. Biasanya kalau mesin tua itu lebih boros energi. Memang untuk jangka pendek biaya yang dikeluarkan membeli mesin baru akan lebih besar. Tapi jangka panjang, bahan bakarnya lebih hemat,” paparnya. (Copyright by Ditjen Migas)