FAQ

Frequently asked questions


Untuk mengurus SKT Migas (Usaha Penunjang Migas), penyampaian dokumen masih melalui ruang Pelayanan Investasi Migas lantai 4 Gedung Migas - Ditjen Migas. Adapun caranya: 1. Menyampaikan surat permohonan kepada Direktur Jenderal Migas perihal Permohonan Pendaftaran Perusahaan Usaha Penunjang Migas. 2. Mengisi formulir pendaftaran dapat diminta melalui Subdit Usaha Penunjang di 021-5268910 ext 197 atau di Ruang Pelayanan Investasi Migas lantai. 3. Lengkapi dan lampirkan dokumen persyaratan sesuai dengan isian pada formulir pendaftaran sesuai dengan klasifikasi bidang usaha perusahaan pada kepdirtekling migas No. 3003 tahun 2012. 4. Submit dokumen di ruang Pelayanan Investasi Migas lantai 4. *untuk permohonan bidang usaha tertentu (dapat dilihat pada lampiran Permen ESDM NO. 32 tahun 2015) yang penerbitannya telah didelegasikan ke BKPM, surat ditujukan kepada Kepala BKPM dan submit dokumen dapat melalui Front Office Migas di PTSP BKPM.
A. Persetujuan Penunjukan Perusahaan Jasa Inspeksi Teknis (PJIT) 1. Perusahaan mengajukan surat permohonan kepada Dirjen Migas u.p. Direktur Teknik dan Lingkungan Minyak dan Gas Bumi dengan melampirkan: a. Akta badan hukum b. Alamat domisili perusahaan c. Surat Keterangan Terdaftar dari Dirjen Migas d. Data Peralatan e. Data tenaga Ahli/Inspektur beserta fotokopi sertifikat dari Dirjen Migas f. Prosedur pemeriksaan teknis secara rinci sesuai dengan bidang inspeksi yang diminati g. Data pendukung lainnya h. Sertifikat ISO 9001 : 2000 2. Presentasi 3. Pemeriksaan peralatan dan data pendukung lainnya oleh Dirjen Migas B. Persetujuan PJIT sebagai pelaksana kerja Permohonan mengajukan permohonan secara tertulis dengan melampirkan: 1. Daftar peralatan yang akan di inspeksi berikut lokasi dan tag/serial number-nya 2. Inspection and Test Plan (ITP) 3. Jadwal pelaksanaan Inspeksi 4. Daftar nama Inspektur 5. Fotokopi surat keterangan kualifikasi inspektur Jika syarat sudah lengkap maka pengurusan bisa langsung datang ke Gedung Migas Lantai 4, Ruang Investasi Migas, untuk estimasi pengerjaan 30 hari kerja (sabtu - minggu & tanggal merah tidak di hitung) dan setelah penelitian dan evaluasi data dinyatakan lengkap dan benar.
1. Data Administrasi (3 hari kerja jika dokumen sudah benar dan lengkap dan tanpa biaya) a. Akte pendirian perusahaan b. Biodata perusahaan c. NPWP d. SIUP e. Tanda daftar perusahaan f. Surat keterangan domisili perusahaan g. Surat penunjukan atau kontrak kerja sama dengan Produsen Pelumas h. Kontrak kerja sama dari Produsen Pelumas bagi pengguna jasa pabrikasi Pelumas i. Pendaftaran merek/HAKI j. Surat pernyataan tertulis di atas materai mengenai kesanggupan memenuhi ketentuan perundang-undangan 2. Data Teknis: a. Sumber perolehan pelumas b. Standar dan mutu (spesifikasi) pelumas c. Komposisi pelumas d. Bentuk dan isi kemasan pelumas e. Laporan hasil uji tingkat untuk kerja Pelumas dan/atau sertifikat mutu untuk kerja Pelumas yang dikeluarkan oleh lembaga berwenang yang diakui secara internasional atau rekomendasi dari pabrik pembuat aditif 3. Menyiapkan contoh pelumas untuk uji laboratorium dan evaluasi hasil pengujian (21 hari kerja, biaya dikoordinasikan oleh perusahaan dengan pihak laboratorium). 4. Laporan hasil analisis (3 hari kerja).
1. Silahkan akses web SKT Online di http://skt.migas.esdm.go.id/. 2. Jika perusahaan sebelumnya sudah mempunyai SKT baik yang masih berlaku atau sudah kadaluarsa silahkan pilih menu MASUK, kemudian input username dan passwordnya. 3. Jika perusahaan tersebut baru akan membuat atau sebelumnya belum mempunyai SKT, maka silahkan masuk ke menu REGISTRASI dan mengisi data-data yang tersedia dimenu tersebut, dan nantinya akan mendapat email balasan yang akan masuk ke email yang didaftarkan ke SKT Online tersebut. 4. Jika semua langkah sudah dilakukan dengan benar, maka selanjutnya perusahaan tinggal mengupload dokumen yang diminta atau dibutuhkan sesuai dengan klasifikasi masing-masing perusahaan. Untuk syaratnya apa saja bisa dicek dan di pelajari di link http://skt.migas.esdm.go.id/site/page?view=layanan.